Friday, September 3, 2010

Bolu Kukus Gula Merah




Selasa minggu kemaren ada arisan dilingkungan komplek perumahan. Saya ingin membuatkan kue, tapi berpikir juga kue apa yah karena selama ini jarang2 banget saya bikin kue. Beberapa minggu sebelumnya saya nyoba bikin bolu kukus gula merah, hasilnya tidak mengecewakan. Akhirnya saya memutuskan membuat Bolu kukus gula merah untuk temen saya yang rumahnya dijadiin tempat arisan.

Bahan - bahan :

* Tepung terigu 250 gram.
* Telur 1 butir.
* Gula pasir 50 gram.
* Soda kue 1/2 sendok teh.
* Baking powder 1/4 sendk teh
* Gula merah 200 gram, direbus dulu sebelumnya dengan 200 ml air, setelah itu disaring dan didinginkan.
* Minyak sayur 125 ml.
* Misis 25 gr atau sesuai selera.

Cara membuat :

1. Kocok telur bersama gula pasir, soda kue dan baking powder hingga lembut dan mengembang atau kira2 10 - 15 menit.
2. Masukkan satu persatu sambil diaduk, gulamerah yg sudah dicairkan, lalu tepung terigu, dan terakhir minyak sayur sambil diaduk hingga tercampur rata.
3. Terakhir masukan misis, aduk lagi hingga tercampur rata
3. Tuang sedikit adonan ke cetakan bolu kukus yang telah dialasi dengan cup kertas hingga penuh.
4. Kukus dalam kukusan yang sudah panas atau airnya sudah mendidih, kukus selama 20 - 25 menit hingga kue merakah dan matang, kemudian angkat.
5. Sajikan.

Hasil Jadi 18 buah

Tips : * Sebaiknya tepung terigu diayak dulu sebelum dipakai.
* Selama pengukusan, jangan dibuka buka tutup kukusannya.

Resep awal diambil dari Vivi Liong . Saya cuma buat setengah resep aja, gula palem diganti dengan gula merah.

Warna bolu tidak terlalu coklat gelap karena stock gula merah yang berwarna gelap sedang habis. Jadi saya memakai gula merah yang agak terang warna coklatnya. Saya memakai misis yang berwarna warna supaya keliatan menarik.

S E L A M A T M E N C O B A

11 comments:

Sri Muliana said...

Wah, saya belum pernah nyobain bolkus..
Jalan-jalan ke dapurku ya mbak siapa tahu bisa sharing..

Bintang said...

@Ummu ; iya..ntar aku jalan2 kesana...thanks yahh

Lina CahNdeso said...

Ehm...jadi pingin mencicipi... saya yakin: pasti lezat!!!

Bintang said...

@CahNdeso : boleh deh mencicipi...asal datang ke sini yahh

Gayatri Wulansari (Kerja di Rumah) said...

Bikin bolu kukus aja bisa, pasti bikinin b'day cake buat Farrell juga bisa donk....
Yuuk kita bikin, nanti aku kasih resep yang gampang tapi ueeenaaaakk deh, tinggal ngikutin step by step nya aja kok, pasti bisa !!

Bintang said...

@Gayatri : mau dong di ajarin yah...alhamdullillah banget neh aku bisa bikin bolu kukus...

chemo said...

thank's info nya ya

Unknown said...

aq suka bgt yang nama'a kue bolu. udah lama bgt gx makan kue bolu.
minta donkkksin

Bintang said...

@Chemo : sama sama

@Agam : bentar lagi nyampe deh bolu kukusnya hehehe

budhe said...

Alhamdulillah... berhasil berhasil hurray!!! gaya dora .. haha... makasih sudah berbagi tips dan resepnya Mam...
asli muantap abis dech ^_^

Bintang said...

@Budhe : Alhamdullillah kalo budhe berhasil bikin bolu kukus gula merah ini..