Friday, November 26, 2010

Keripik Singkong Pedas Praktis



Kamis kemaren belanja. Kok saya liat ada keripik singkong (dengan rasa original atau asin saja), saya pikir beli aja deh kan udah lama gak bikin keripik singkong pedas. Lumayan deh buat camilan saat nonton tv dan saat di depan laptop. Resep ini didapet dari temen, dulu pertama kali bikin keripik singkong pedas, sempet gagal juga karena bumbu gak bisa nempel di keripik singkongnya. Saya lupa yang kedua atau yang ketiga kali nyoba, akhirnya saya berhasil juga. Sekarang sih sudah terbiasa juga bikin keripik singkong pedas. Ini merupakan camilan yang praktis bikinnya, karena saya pakai keripik singkong yang sudah jadi.

Bahan bahan :

* 500 gr Keripik singkong yang sudah jadi dengan rasa garam (original) .
* 5 buah cabe merah yang besar besar.
* 10 siung bawang putih.
* 100 gr gula merah, di potong tipis - tipis, agar mudah saat menumisnya.
* 1/2 sendok teh garam, saya kasih sedikit saja garamnya karena keripik singkongnyapun sudah ada rasanya.
* 10 lembar daun jeruk, iris tipis tipis.
* 2 sendok makan minyak goreng untuk menumis.

Cara Membuatnya :

1. Cabe merah dan bawang putih di haluskan, lalu di tumis sampai harum.
2. Masukkan gula merah, aduk aduk lagi sampai gula merahnya hancur dan menyatu dengan cabe merah dan bawah putih.
3. Masukkan garam dan daun jeruk.
4. Aduk aduk bumbu sampai matang.
5. Masukkan keripik singkong kedalam bumbu sambil diaduk secara pelan pelan agar tidak hancur keripiknya dan bumbu menyatu dengan keripik.
6. Setelah bumbu menyatu, angkat dari kompor dan diemkan sampai benar benar dingin.
7. Setelah dingin...masukkan ke dalam wadah tertutup dan siap di sajikan.

Tips : Jangan angkat panci dari kompor saat memasukkan singkong. Karena kalo kita angkat, gula merah akan menggumpal.

S E L A M A T M E N C O B A

7 comments:

Nia said...

jadi ngeces negliat keripik singkongnya...kayaknya pedesnya mantaf nechh....

Bintang said...

@Nia : pokoknya jadi makanan favorit deh buat aku dan suamiku hehehe...kalo anakku gak suka makan pedes

gayatri said...

kripik singkong, oh kripik singkong....., kalau sudah ada di genggaman bikin aku lupa kanan-kiri...heheheeee.....!!!!
favorite ku beneeeer nih ;)

Bintang said...

@Mbak Gayatri : aku sama suamiku doyan banget neh kripik singkong pedas hehehe

bopfive5 said...

enak nih sambil ngeblog,bu di blog ane ad yg menarik datang ya thnks

Heni said...

Mantap nih mbak keripik singkong pedes, keringet bisa ngucur tapi mulut nggak mau berhenti ngunyah :D

Obat Penyubur Kandungan Alami said...

postingan tentang Keripik singkong pedas praktis... Sangat menarik untuk dibaca, Saya suka mengunjungi blog ini.