Monday, November 15, 2010

Brownies Kukus



Tadi pagi ngobrol sama temen. Tiba2 dia cerita kalo kemaren bikin brownies kukus. Dalam pikiran saya, kok jadi pengen juga makan brownies. Pas sampe rumah cepet2 deh browsing di internet cari resep brownies kukus. Dari hasil browsing ternyata katanya resep brownies kukusnya Ny. Liem yang paling enak . Akhirnya dengan rasa penasaran, saya memcoba resep brownies kukusnya Ny. Liem.

Bahan - bahan :

* 125 gr Tepung Terigu.
* 225 gr gula pasir .
* 50 gr coklat bubuk.
* 6 butir telur.
* 1/2 sendok teh emulsifier, saya pake TBM.
* 1/2 sendok teh Vanille
* 175 cc minyak/butter yang dicairkan, karena di kulkas gak ada butter, yah akhirnya saya memakai minyak.
* 75 cc susu kental manis .
* 100 gr Cooking chocolate yang dicairkan/tim.
* Garam sedikit .

Cara Membuatnya :

1. Kocok telur, gula, emulsifier (tbm), vanillie dan garam hingga mengembang dan agak putih.
2. Masukkan tepung terigu dan coklat bubuk sambil diayak, aduk dengan spatula.
3. Tambahkan coklat yang sudah dicairkan yang sebelumnya sudah dicampur dengan minyak/butter. Aduk adonan hingga tercampur rata.
4. Bagi adonan menjadi 3 bagian. Salah satu bagian ditambahkan susu kental manis.
5. Siapkan kukusan.
6. Masukkan adonan pertama ke dalam loyang brownies yang sudah dialasi mentega dan kertas roti.
7. Kukus selama 10 menit dengan api kecil.
8. Lalu masukkan adonan kedua yang sudah dicampur dengan susu kental manis, kukus lagi selama 10 menit.
10. Masukkan adonan terakhir, kukus lagi selama 20 menit.

*** Karena saya tidak memiliki loyang brownies ukuran besar, akhirnya saya memakai loyang brownies yang ukuran kecil. Jadi saya menghasilkan 3 loyang kecil brownies untuk resep diatas.

S E L A M A T M E N C O B A

5 comments:

harto said...

waaah asyiiik juga tuh brownies kukusnya, cocok niiih buat nyuguhin tamu yang datang besok dihari lebaran qurban.

Selamat Hari Raya Idul Adha (10 Dzulhijjah 1431H). Semoga Allah menerima amal-amal kita, mengampuni dosa-dosa kita, dan menerima qurban kita sebagai bentuk takwa kepada-Nya. Amin Ya Rabbal ‘Alamin
Semoga sukses selalu n tetap semangat

AYU said...

nice posting, sukses sahabat

Catatan Cahaya said...

HMM Boleh tuh resep'a hehheh

salam kenal YAh !!!

Bintang said...

@Harto : thanks yahh..tapi pas bikin...malemnya langsung habis tuh hehehhe...MEt Hari Raya Iedul Adha juga yahh...

@Ayu : thanks yah...

@Catatan Cahaya : Met kenal juga..thanks yahh

aprilliarasdianti@yahoo.com said...

salam kenal Mbak, sy mau bikin brownies kukus resep Mbak, doain rasanya huenaaak yah.. Thx a lot, barokallohu..