Friday, September 10, 2010

Sambel Goreng Kentang Udang



Makanan ciri khas Lebaran adalah ketupat atau lontong dan opor ayam. Lebaran kali ini, suami saya tidak merayakan di rumah bersama kami, tetapi dia harus masuk kerja. Suami pengen bawa makanan khas lebaran tersebut ke kantor, yang akan di makan bersama temen teman sehabis sholat Iedul Fitri.

Sejak kamis pagi, saya mulai memasak makanan tersebut. Tapi saya pikir, kalo cuma lontong dan opor ayam aja kayaknya kurang lengkap tanpa adanya rasa pedas. Akhirnya saya memutuskan membuat sambel goreng kentang udang.

Browsing di internet nyari resep sambel goreng kentang udang. Tapi saya tidak menemukan sambel goreng kentang udang yang spesial. Karena kurang puas hasil dari browsing di internet, akhirnya saya telpon temen tanya tentang resep sambel goreng kentang udang.

Berikut resep sambel goreng kentang udang ala resep temen.

Bahan bahan :

* Kentang 2 buah ukuran besar.
* Udang 1/4, kupas. Karena ditempatku tidak ada udang ukuran kecil. Akhirnya saya beli udang ukuran sedang, setelah dikupas lalu dipotong jadi 4 bagian.
* Cabe merah besar 5 buah, buang biji dan bersihkan.
* Bawang merah 10 biji, kupas dan iris tipis2 seperti membuat bawang goreng.
* Bawang Putih 5 biji, kupas dan iris tipis2 juga.
* Lengkuas, 2 cm.
* Salam 2 lembar.
* Serei 1 buah.
* Minyak goreng 2 sendok makan.
* Garam secukupnya.
* Gula sesuai selera.

Cara membuat :

1. Kentang di kupas , lalu dicuci, setelah itu di potong seukuran dadu. Setelah dipotong dimasukan ke dalam air atau di rendam agar tidak hitam. Goreng kentang sampai matang dan jangan sampai kecoklatan.
2. Goreng udang sampai matang, angkat.
3. Cabe merah direbus sampai agak layu, lalu di blender.
4. Tumis bawang merah dan bawang putih iris hingga harum, masukkan cabe yang sudah di bender, salam, serei, lengkoas, garam dan gula.
5. Aduk sampai matang.
6. Masukkan kentang dan udang.
7. Aduk sebentar sampai bumbu merata ke kentang dan udang.
8. Hidangkan.

S E L A M A T M E N C O B A

4 comments:

Tembang Lawas said...

Wah kebetulan hari ini ibuk saya bikin Sambel Goreng juga tpi bukan pake udang tapi pake Krecek (terbuat dari kulit sapi mBak, bentuknya kotak2 gitu, mungkin mBak bintang sudah tahu he he he) kalo udangnya, di kerupuk saja, jadi sambel goreng krecek pake kerupuk udang, minumnya wedang tape ketan anget, woach nikmat dan maknyussss he he , btw ini blog mBak yang baru ya ?

Bintang said...

@Tembang : Iya aku tau tuh krecek, tapi susah nyari disini krecek itu...Iya ini blogku yang baru, abis selama tinggal disini..berbagai masakan aku coba terus..hampir tiap hari ada aja yg terbaru dari dapurku hehehe

Ummu Abdillah Sri Muliana said...

kayaknya enak dan mudah nih buatnya..

Bintang said...

@Ummi : gampang banget deh...coba yukkk