Saturday, January 1, 2011

Ikan Pindang Kuning



Menu kali ini resep ikan lagi. Resep ini diambil dari resep mamah di rumah, biasanya sih resep ini kami pakai buat rajungan. Tapi kali ini saya mencoba resep ini buat ikan. Sebenernya di catatan resep saya juga tertulis buat rajungan atau ikan. Cuma saya belom pernah mencoba pakai ikan.

Bahan - bahan :

* Ikan kakap 500 gr.
* Serei 1 batang.
* Daun Salam 1 lembar.
* Lengkoas 1 ruas.
* Tomat 50 gr.
* Garam secukupnya.
* Gula secukupnya.
* Penyedap rasa (bila suka).
* Jeruk nipis 1 buah.
* Air 300 ml.

Bumbu yang dihaluskan :

* Cabe merah besar 2 buah.
* Kemiri 3 buah.
* Bawang Merah 4 buah.
* Bawang Putih 1 buah.
* Kunyit 1 ruas.
* Jahe 1 ruas.


Cara Membuatnya :

1. Potong ikan kakap sesuai selera, bersihkan, lalu beri perasan jeruk nipis. Diamkan selama 15 menit. Lalu cuci dan tiriskan.
2. Tumis bumbu yang dihaluskan, tambahan lengkoas, serai dan daun salam. Masak hingga harum dan matang.
3. Masukkan air, garam dan gula, penyedap (bila suka). Aduk dan biarkan sampai mendidih.
4. Setelah mendidih, masukkan ikan. Aduk sebentar, biarkan sampai ikan matang.
5. Jika suka pedas, tambahkan cabe rawit (setelah ikan matang dan di angkat dari kompor) ke dalam ikan pindang kuning.

S E L A M A T M E N C O B A

9 comments:

narti said...

snapper fish? kayanya mudah didapat...
makasih resepnya mba, kapan2 dicoba deh :)

MENON said...

waduuuuhhhhhh....... tambah laper nich sob hahahahahahahha


salam persahbatan dr MENONE

MJ said...

Waaaahhh, ada resep masak2 ternyata disini... masakannya pun kyanya gampang2 yack,,,, follow dulu ahhhh... :) Salam kenal mbak..

IbuDzakyFai said...

ngiler dech ...

umiabie said...

wah kayaknya nikmat ya, patut di coba tuh, eeeh lupa belum salam assalamualiakum..

Outbound Malang said...

berkunjung sob..sukses selalu yah..:)
salam kenal aje..

Ninda Rahadi said...

wah kayaknya enak banget mbaaak laparr

Outbound di Malang said...

waaah boleeh nih dicoba :D
nice post :)
ditunggu kunjungan baliknya yaah ,

Obat Herbal said...

tambah gaul aja dan blognya semakin menarik lagi... lanjutkan