Tuesday, December 21, 2010

Ikan Goreng Balado



Karena suami sukanya mancing, maka saya harus pandai pandai untuk mengolah segala macem resep ikan. Hampir segala macem resep ikan saya coba dari hasil ikan memancing. Sampai akhirnya bingung nyoba resep yang seperti apa lagi yah. Suami ngasih ide untuk di goreng balado aja.

Akhirnya browsing untuk cari resep ikan goreng balado. Semakin banyak resep yang saya dapet di internet, malah makin bingung. Saya pikir kenapa gak coba bumbu dari ikan bakar keluarga saya saja.

Bahan - bahan :

* Ikan kakap 1 kg (kira kira 3 biji ikan).
* Cabe merah besar 100 gr.
* Bawang merah 5 siung .
* Jeruk nipis 1 buah (ambil airnya).
* Garam secukupnya .
* Penyedap rasa (bila suka, sebagai penggantinya biasanya saya pake gula) secukupnya.
* Minyak untuk menggoreng .

Cara membuatnya :

1. Bersihkan ikan, cuci bersih dan masukkan air jeruk nipis serta garam, sisihkan selama 15 menit .
2. Ulek cabe merah dan bawang merah (jangan sampai halus), ulek kasar saja, beri garam , dan sisihkan.
3. Goreng semua ikan sampai matang, hingga kuning kecoklatan, lalu angkat dan sisihkan.
4. Tumis cabe merah dan bawang merah yang sudah di ulek di sisa minyak menggoreng ikan yang sudah di saring (jika minyak masih bagus atau tidak kecoklatan).
5. Masak cabe hingga tidak berbau mentah lagi, tapi sebelumnya beri perasan air jeruk nipis dari 1 (satu) iris jeruk nipis saja, masak hingga cabe harum matang.
6. Apabila masih kurang asin beri garam kembali dan beri sedikit vetchi atau gula.
7. Setelah cabe matang matikan kompor, masukkan ikan, aduk rata, angkat, dan sajikan.

S E L A M A T M E N C O B A

5 comments:

Agam said...

udah lama ne gx makan ikan balado.

Bintang said...

@Agam : yukkkk dicoba bikin hehehe

budhe said...

siiip... makasih resepnya Bunda.. baru tau ni .. sambel baladonya ga' pake bawang putih hmmm... dari tampilannya aja dah menggiurkan selera .. pasti rasanya muantap sssssgh ahhh... bisa ngabisin nasi sebakul tuh ..^_^..

Bali Property said...

Hemmm... lezatnya.. jadi kepengen makan ikan saya. hehe..
Pokoknya yang berbumbu-bumbu balado seperti itu, paling doyan saya. apalagi yang legit-legit.
Bali Villas Bali Villa

Bea said...

Kunjungan balasan, wah... ikan balado ini kesukaanku, nanti aq mau coba mbak, trims resepnya...